Thursday, March 23, 2017

Berteman Di Dunia Maya


Hubungan antar manusia adalah sesuatu yang menarik dibahas. Hubungan itu tidak hanya melibatkan fisik tetapi juga emosi. Saat ini, dimana era informatika sedang berlangsung, hubungan antar manusia menjadi berkurang intensitasnya secara fisik. Orang lebih suka menjalin hubungan dengan orang lain melalui sosial media. Memang ada perbedaan besar jika kita berinteraksi di dunia maya dengan berinteraksi di dunia nyata.

Ada ekses negatif dalam bergaul di dunia maya. Namun ekses positifnya juga tidak kalah penting. Kita dapat berkomunikasi dengan seorang sahabat yang tinggal di seberang lautan sana tanpa bertatap muka. Kita bahkan dapat munumpahkan keluh kesah kita pada seseorang yang secara fisik tidak pernah kita temui. Tentusaja ada ekses negatif yang bisa terjadi. Acapkali kita menjumpai penipuan dengan cara semacam ini.

Realistis

Dalam berinteraksi di dunia maya, kita mesti tetap realistis. Artinya, kita tetap sadar bahwa teman kita itu adalah relasi di dunia maya. Dia sama sekali bukan teman nyata kita, sekalipun orangnya ada. Selain itu juga perlu diperhatikan bahwa banyak sekali pelaku dunia maya menggunakan nama palsu atau nama samaran. Jadi tetaplah berfikir bahwa mereka teman, tapi teman di dunia maya. Tentunya hal ini akan mempengaruhi pola hubungan antara Anda dan teman Anda itu.

Hati Hati Dalam Berteman Di Dunia Maya

Sangat wajar jika kita berhati-hati dalam bergaul dengan teman di dunia maya itu. Penipuan di dunia maya sudah sering terdengar. Akan sangat menyenangkan bila Anda dapat melakukan pertemuan fisik dengan teman Anda itu. Anda bisa menilai dan membandingkannya dengan penampilannya ketika berperan di dunia maya. Terlalu hati-hati juga tidak disarankan, sebaiknya kita memang tetap waspada . Kesadaran bahwa teman kita itu hanya teman di dunia maya itu saja sudah cukup banyak membantu.

Bersiaplah Untuk Terkejut

Ini adalah hal yang paling menarik sekaligus barangkali mendebarkan. Anda bermaksud untuk bertemu dengan teman di dunia nyata. Tentunya setelah berinteraksi di dunia maya. Dan dari hasil berkomunikasi serta berinteraksi di dunia maya itu, anda ingin menjumpainya di dunia nyata. Tentunya akan ada banyak distorsi ketika bergaul di dunia maya. Dan anda ingin melihat bagaimana keadaan sesungguhnya. Maka bersiap-siaplah untuk terkejut. Anda akan menemui beberpa kenyataan bahwa kesan yang anda temui di dunia maya berbeda dengan ketika betemu di dunia nyata. Seorang teman yang demikian menyenangkan di dunia maya, bisa jadi adalah seorang yang tidak banyak berbicara di dunia nyata. Dan masih banyak yang lainnya.

Saya tentunya sudah mengalami hal semacam ini beberapa kali. Betapa berbedanya kesan yang kita dapatkan ketika berinteraksi secara maya. Seseorang yang terkesan begitu perhatian dan suka mendengarkan ternyata memonopoli pembicaraan ketika kita bertemu di warung untuk kopi darat. Anda akan menjumpai hal-hal unik lainnya tentu saja

No comments:

Post a Comment

Best Entry

Cah Ndeso

Seorang sahabat di Norwegia membeli novelku GENGGAMLAH TANGANKU. Aku bingung karena novel itu berbahasa Indonesia. Katanya, tidak masalah, d...