Friday, September 5, 2014

Uuuuuuups,....Hampir Saja Lupa

Ketika saya menonton kisah sukses orang melalui Google AdSense dan membicarakannya dengan orang lain. Saya membayangkan betapa berpeluangnya saya untuk mendapatkan passive income yang sama. Saya membayangkan betapa suksesnya saya berbisnis online dan betapa banyaknya penghasilan saya dari sana. Terutama hal itu terjadi karena saya menonton kisah sukses Ari Lesmana, seorang lulusan SMP, dalam mengelola akun AdSense miliknya.

Saya sampai hampir saja lupa diri dan mengabaikan nasehat Mihalyi Czikzentmihalyi berikut ini, 

" Pelukis harus menyukai pekerjaan melukis itu sendiri diatas segalagalanya. Seandainya seniman di depan kanvas itu mulai bertanya-tanya berapa harga lukisannya bila terjual, atau apa komentar kritikus tentang lukisan itu, ia tidak akan mampu mengejar tujuannya sebenarnya. Prestasi kreatif bergantung pada totalitas hati dan fikiran".

Czikzentmihalyi adalah seorang researcher dibidang psikologi. Salah satu kajiannya yang sangat menonjol adalah penelitiannya tentang fenomena flow. Fenomena "flow' adalah kumpulan karakteristik tertentu yang dialami oleh seseorang ketika sedang bekerja atau melakukan suatu aktifitas yang digemarinya. Fenomena ini sangat khas dan karakteristiknya bisa dikatakan sama atau hampir sama untuk semua kasus yang diamati oleh Csikzentmihalyi. Jangan-jangan secara tidak sadar kita juga pernah mengalami fenomena yang diungkap oleh Mihalyi Csikzentmihalyi ini.

Kondisi flow dialami oleh seseorang ketika dia melakukan suatu tugas atau pekerjaan dengan tingkat kesulitan sedikit diatas tingkat kesulitan yang biasa dihadapinya. Ketika itu perhatiannya begitu terkonsentrasi pada apa yang dilakukannya sedemikian sehingga dia seolah-olah melupakan dan tidak memperhatikan keadaan sekeliling, bahkan dirinya sendiri. Flow ini sangat penting dalam menentukan prestasi atau kinerja seseorang dalam bekerja. Bisa dikatakan bahwa semakin sering seseorang mengalami fenomena flow ketika bekerja, berarti semakin tinggi pula prestasinya. 
 
Ketika kita berharap untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam melakukan internet marketing dengan Google AdSense, maka yang terpenting kita lakukan adalah duduk dan berkonsentrasi menulis sebuah tulisan. Bukannya terus berkhayal akan kta apakan duit sebanyak itu nantinya, atau betapa terkenalnya kita. Atau bahkan betapa besar penghargaan orang kepada kita karena karya nyata kita itu.
 
Mengkhayalkan diri sendiri telah sukses tentunya sangat positif sebenarnya. Akan tetapi cukup dua detik saja. Setelah itu kita mestinya segera menyingsingkan lengan baju untuk bekerja dan berkarya kembali. Berkonsentrasi pada apa yang kita lakukan PADA SAAT INI.
 
Yang utama adalah bekerja dan berkarya nyata. Tentunya tidak salah bahkan sangat dianjurkan bagi kita untuk mengetahui ilmu-ilmu terkait dengan blog. Seperti SEO atau PageRank misalnya atau bahkan Alexa Rank dan Keyword Optimatization. Tapi perlu diingat bahwa itu hanyalah pendukung bagi kita untuk bekerja. 
 
Yang utama adalah bekerja dan berkarya nyata. Selanjutnya yang lain akan ikut mengikuti. Salam.
 
 

No comments:

Post a Comment

Best Entry

Cah Ndeso

Seorang sahabat di Norwegia membeli novelku GENGGAMLAH TANGANKU. Aku bingung karena novel itu berbahasa Indonesia. Katanya, tidak masalah, d...