Sunday, September 7, 2014

Salah Satu Cara Penanganan Apabila Internet Kita kurang Responsif

Kadang-kadang, ketika sedang asyik bermain internet, tiba-tiba internet kita macet. Kemudian kita bingung kita musti bagaimana. Tidak ada yang salah dengan Operating System kita. Demikian pula setelah berjam-jam nungguin antivirus bekerja, ternyata juga tidak ada virus yang sedang menggerogoti komputer kita. Lalu bagaimanakah tindakan kita seharusnya?

Tulisan ini bermaksud untuk membantu permasalahan serupa itu terutama yang dialami oleh netter pemula seperti saya. Masalah yang akan dibahas disini adalah apabila history kita sudah terlalu penuh yang ditandai dengan tulisan "not responding" pada monitor kita. Masalah yang akan dipecahkan disini adalah apabila kita menggunakan browser Mozilla Firefox Versi. 31.

Mozilla Firefox adalah browser gratis yang tersedia secara luas dan dapat diunduh secara gratis di alamat web www.mozilla.org. Firefox bekerja dengan sangat baik pada berbagai platform seperti Microsoft Window, Apple MacIntosh dan bahkan Linux. Demiikian pula Mozilla Firefox bekerja juga pada perangkat mobile seperti tablet dan smartphone.Firefox digunakan oleh para pengguna internet secara luas, seperti para gamers, peretas, program developers dan lain sebagainya. Disitu banyak fasilitas dan fitur pengaya tersedia. Demikian pula Firefox membuat buku catatan, menggunakan label, memeriksa ejaan, melakukan download dan browsing dengan mudah.

Apabila kita sedang menggunakan Mozilla Firefox utamanya Versi 31 dan kebetulan sedang mengalami masalah karena beban history sudah penuh, maka cobalah untuk melakukan langkah-langkah berikut untuk mengosongkan history.

Klik Open Menu yang terletak di bagian kanan atas browser. Fitur Open Menu terletak disamping gambar rumah sederhana yang menggambarkan start page. Open Menu ditandai dengan tiga buah garis horisontal kecil.

Setelah fitur Open Menu kita klik maka muncullah beberapa opsi fitur yaitu: New Window, New Private Window, Save Page, Print, History, Full Screen, Find, Options, Add-ons dan Developer. Dari sini pilihlah submenu History.

Dalam submenu History kemudian akan muncul submenu berikutnya yaitu View History Sidebar, Clear Recent History dan Restore Previous Session. Dari sini pilih atau klik Clear Recent History. Dari sini akan muncul notifikasi bahwa semua history akan dibersihkan dan tidak dapat dibatalkan apabila kita telah melakukannya..

Pada submenu Details yang berupa pilihan, maksudnya apabila kita klik akan muncul perinciannya sedangkan apabila kita klik kembali rincian tersebut akan hilang, kita pilih bagian-bagian mana saja yang akan kita hapus. Untuk pemakai pemula sebaiknya centang saja semua. Kemudian pilih Clear Now. Selesailah upaya kita untuk membersihkan history pemakaian browser kita. Dengan demikian internet kita akan lancar kembali jika meang masalahnya pada history yang sudah penuh.


No comments:

Post a Comment

Best Entry

Cah Ndeso

Seorang sahabat di Norwegia membeli novelku GENGGAMLAH TANGANKU. Aku bingung karena novel itu berbahasa Indonesia. Katanya, tidak masalah, d...