Sunday, September 7, 2014

Pengertian PageRank Dan Pentingnya Bagi Bisnis Online Kita

PageRank memiliki maksud dan konsep dasar yang kira-kira sama dengan "link popularity", atau tingkat kepopuleran sebuah website. Akan tetapi banyak faktor selain jumlah pengunjung yang membaca atau menggunakan situs tersebut yang dipergunakan oleh Google untuk menentukan PageRank situs tersebut.

Ada banyak algoritma yang dipakai untuk menentukan PageRank, akan tetapi kita tidak akan membicarakannya disini untuk menghindari agar tulisan ini menjadi sangat teoritis. PageRank memiliki nilai antara 1 sampai dengan 10. Semakin tinggi nilai PageRank suatu website maka semakin populerlah atau semakin pentinglah situs tersebut dalam pandangan Google. PageRank memang sistem pemeringkatan situs yang dimiliki oleh Google. Konsepnya berbeda dengan Alexa Rank yang dimiliki oleh Amazon. Sekalipun keduanya memeringkat atau meranking suatu situs berdasarkan kepopulerannya.

Proses penghitungan PageRank ditentukan secara rekursif atau perulangan. Ranking sebuah situs atau website ditentukan oleh ranking halaman web lain yang memiliki link ke halaman web tersebut. Di dunia maya ada milyaran halaman web, oleh karena itu PageRank sebuah situs ditentukan dari struktur tautan dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia virtual ini. Sebuah proses yang sangat besar dan kompleks tentunya.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa PageRank adalah probabilitas seorang pengguna internet mengunjungi sebuah halaman website dibandingkan dengan jumlah halaman yang tersedia tentang pokok pikiran yang kurang lebih sama. Ilustrasinya, jika sebuah halaman memiliki nilai PageRank 2 dan total jumlah halaman tentang pokok pikiran tersebut ada 100, maka dalam seratus kali kunjungan kemungkinan pengguna internet tersebut mengunjungi halaman itu adalah dua kali.

PageRank masih sangat berperanan dan memiliki arti penting dalam optimalisasi sebuah situs, apabila tidak tentunya Google tidak akan menggunakan dan meng-update nilai PageRank secara berkesinambungan. Jika sebuah website memiliki PageRank yang tinggi, maka akan terjadi percepatas proses perayapan oleh Google. Percepatan ini akan terjadi pada setiap artikel yang diterbitkan.

Percepatan proses perayapan ini menjadi sangat penting untuk menghindari situs-situs nakal yang ingin menduplikasi aritikel-artikel pada blog kita. Kita tentu sudah pernah mendengar tentang autoblog, dimana hanya dengan menggunakan sebuah software maka artikel kita sudah diduplikasi oleh orang lain. Jika tulisan kita terlebih dahulu dirayapi oleh peramban Google, maka peramban tersebut akan memberikan peringkat yang lebih baik daripada milik sang duplikator. Hal yang perlu diperhatikan disini terutama adalah tulisan kita mesti memiliki kriteria yang unik serta berguna bagi pembaca. Sekalipun hanya berguna untuk memancing tawa misalnya.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa PageRank masih memiliki peranan yang penting bagi bisnis online kita. Akan tetapi tidak usah terlalu mudah putus asa jika website kita memiliki nilai PageRank yang rendah atau bahkan tidak memilikinya sama sekali. Belajar adalah sebuah proses yang adakalanya cukup panjang juga. Semakin kita berkecimpung dan bergelut dengan suatu subjek atau suatu pengetahuan, maka pengertian kita tentang subjek tersebut tentulah semakin baik sehingga akhirnya website kita memiliki nilai PageRank. Selamat berlatih.

No comments:

Post a Comment

Best Entry

Cah Ndeso

Seorang sahabat di Norwegia membeli novelku GENGGAMLAH TANGANKU. Aku bingung karena novel itu berbahasa Indonesia. Katanya, tidak masalah, d...