Monday, July 2, 2012

Belajar Komputer di Era Informasi

Dalam kehidupan sehari-hari, praktis kita sekarang ini hampir selalu menggunakan komputer. Misalnya untuk mengerjakan tugas kuliah dan bekerja. Bahkan siswa sekolah menengah dan dasar sekalipun, sekarang ini banyak diminta oleh gurunya untuk mengerjakan beberapa tugas dengan menggunakan komputer. Bukan hanya untuk keperluan menulis saja, bahkan tugas-tugas  itu sudah melibatkan penggunaan internet. Karena itu belajar komputer di era informasi ini menjadi mutlak perlu. Komputer adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari.
    Bukan itu saja, dalam administrasi perkantoran sehari-hari, komputer sangat membantu dalam banyak bidang. Dengan bantuan komputer, seorang sekretaris selalu dapat membuat surat yang rapi dengan cepat dan tanpa sedikitpun membuat kesalahan ejaan, karena komputer mampu memeriksa kesalahan ejaan secara otomatis. Untuk itu seorang sekretaris sekarang ini perlu terlebih dahulu belajar komputer untuk menunjang pekerjaannya.
    Contoh lain lagi ialah di kantor Perusahaan Listrik Negara yang sempat dikomandani oleh Dahlan Iskan, seorang manager handal pemilik Jawa Pos Group. Di Badan Usaha Milik Negara itu, setiap bulan mereka harus menyiapkan rekening listrik dari pelanggan yang jumlahnya jutaan, tapi mereka tidak kesulitan dengan itu semua karena jasa komputer. Dengan belajar komputer kita akan mengetahui bahwa komputer dapat bekerja cepat dan bersedia bekerja penuh dua puluh empat jam setiap harinya.
    Demikian pula dalam dunia ekonomi perbankan, penggunaan jasa komputer sudah tidak terelakkan lagi. Kegiatan lalu lintas uang didalam dunia perbankan yang begitu ramai, dengan volume uang yang mencapai orde jutaan, milyaran bahkan trilyunan rupiah atau mata uang yang lain, sekarang ini dapat ditangani dengan cepat dan teliti. Bahkan bank-bank besar di Indonesia dan negara-negara lain sekarang ini sudah mampu memberikan jasa pencairan uang secara otomatis kepada para pelanggannya selama dua puluh empat jam sehari. Hal itu dapat dilakukan karena jasa komputer dan jaringannya yang tersambung pada mesin Anjungan Tunai Mandiri atau lebih kita kenal dalam percakapan sehari-hari sebagai mesin ATM.
    Demikian pula dalam dunia Travel Agent, pemesanan tempat di pesawat terbang untuk beberapa tempat tujuan dapat dipesan di kota tempat pemberangkatan sekaligus dengan aman. Bahkan bila pelanggan atau maskapai penerbangan melakukan perubahan rencana penerbangan secara mendadak sekalipun, Travel Agent dapat melayaninya dengan tenang karena jasa teknologi informasi komunikasi yang digunakan dalam sistim komputer. Sistim teknologi komunikasi dapat terbangun karena adanya komputer yang tersebar di berbagai belahan dunia dan terhubung serta saling berkomunikasi satu dengan lainnya. Demikianlah canggihnya teknologi komputer di era informasi ini.
    Apabila kita perhatikan dengan teliti, sesungguhnya kehadiran teknologi komputer telah melahirkan suatu jaman atau era baru yang disebut sebagai era informasi. Hal ini ditandai dengan pertukaran informasi yang sangat masif dan cepat menggunakan teknologi komputer.
    Penemuan mesin-mesin industri dalam bentuknya yang paling primitif di dunia barat telah melahirkan suatu jaman baru. Jaman atau era itu disebut sebagai era industri. Penemuan mesin cetak yang pertama oleh Johann Guttenberg di Jerman benar-benar merubah budaya manusia hampir secara total. Hal itu terjadi akibat revolusi industri yang terjadi di Inggris sekitar abad tujuh belas atau delapan belas Masehi. Jaman industri adalah era dimana tenaga manusia digantikan oleh tenaga mesin yang berkemampuan kerja belipat kali dari tenaga manusia. Pada abad-abad itu di Indonesia telah dikenal ilmu kanuragan, klenik dan santet. Tidak jelas penemuan ilmu klenik dan santet di Indonesia itu melahirkan era apa di dunia kita ini.
    Apabila kita belajar komputer, tentu timbul dalam pikiran kita, apa sesungguhnya yang dimaksud dengan komputer itu. Secara etimologis sesungguhnya istilah komputer itu berasal dari bahasa Latin “computare” yang mengandung arti “menghitung” (to compute). Sekarang ini istilah komputer mengandung arti sebagai suatu perangkat elektronik yang dapat menerima masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (processing), untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi. Demikianlah maka perangkat utama untuk melakukan tindakan tersebut juga terdiri dari perangkat input (input devices), perangkat proses (process devices), serta perangkat keluaran (output devices), yang ditambah dengan perangkat penyimpanan data atau informasi (storage devices).
    Di perguruan tinggi, apabila kita belajar komputer, maka kita biasanya akan berhadapan dengan dua pilihan. Pilihan itu biasanya berupa apakah kita akan belajar komputer di Program Studi atau Jurusan Ilmu Komputer di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ataukah kita akan belajar komputer di Jurusan atau Program Studi Teknik Informatika yang biasanya tergabung dalam Fakultas Teknik.
    Biasanya secara awam orang menyebutkan bahwa Ilmu Komputer atau Computer Science di Fakultas MIPA mempelajari terutama tentang software atau perangkat lunak komputer sedangkan Teknik atau Teknologi Informatika lebih khusus mempelajari tentang hardware atau perangkat keras komputer. Yang dimaksud dengan software adalah suatu perangkat komputer yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedur, pendukung, dan aktifitas-aktifitas pengolahan perintah pada sistim komputer. Sedangkan yang dimaksud dengan hardware atau perangkat keras komputer adalah alat atau komponen komputer yang berwujud secara fisik dan dapat dilihat atau dipegang menggunakan indera kita sebagai manusia. Tanpa software, hardware hanyalah berupa rongsokan elektronik. Hardware komputer akan “hidup” dan memiliki fungsi jika digunakan bersama-sama dengan softwarenya.
    Beberapa puluh tahun yang lalu, mungkin pembagian pengertian antara Ilmu Komputer dan Teknik Informatika itu sudah cukup memadai, tetapi dengan berkembangnya kedua disiplin ilmu dan teknologi itu maka pengertian antara Ilmu Komputer dan Teknik Informatika juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini perlu kita sadari ketika kita belajar komputer di era informasi ini.
    Saat ini Teknik Informatika dapat dipandang sebagai teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat. Pengolahan data dengan komputer tersebut juga dikenal sebagai Pengolahan Data Elektronik, yakni proses manipulasi data menjadi bentuk yang lebih berguna. Bentuk yang lebih berguna dengan proses pengolahan data itulah yang disebut sebagai informasi. Data merupakan bahan mentah atau “raw material” yang belum diolah dan akan diproses selanjutnya menggunakan komputer. Lebih jelasnya, informasi adalah data yang terolah dan sifatnya menjadi data lain yang lebih bermanfaat.
    Giliran sekarang kita coba untuk lebih memahami dengan apa yang dimaksud sebagai Ilmu Komputer. Menurut Computing Sciences Accreditation Board, Ilmu Komputer atau Computer Science adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Didalamnya terdapat teorisasi, eksperimen, dan pendesainan komponen. Termasuk dalam Ilmu Komputer itu adalah hal-hal yang berhubungan dengan, pertama, teori-teori untuk memahami perangkat komputer, program dan sistim. Yang kedua, eksperimen untuk pengembangan dan pengujian konsep. Ketiga adalah metodologi desain, algoritma, serta tools untuk merealisasikannya. Sedangkan yang terakhir, keempat,  adalah metode analisis untuk melakukan pembuktian bahwa realisasinya sudah sesuai dengan persyaratan yang diminta. Demikianlah cakupan dan pengertian dari Ilmu Komputer. Adalah nampak jelas bahwa cakupan dan pengertian Ilmu Komputer sangatlah luas. Didalamnya terkandung “basic science” berupa Matematika dan “applied science”, yakni penggunaan terutama Ilmu Matematika dan Fisika yang diterapkan dalam ranah kehidupan nyata.
    Membahas mengenai belajar komputer ini rasanya tidaklah lengkap apabila kita tidak membahas mengenai internet. Aplikasi internet sudah semakin mendunia. Semakin banyak orang yang “melek internet” sekarang ini. Dalam tulisan pendahuluan diatas juga sudah menyinggung aplikasi internet secara praktis dewasa ini. Kita sudah sedemikian terbiasa dengan internet, sehingga kadang-kadang kita lupa mengenai sebuah pertanyaan yang mungkin sangat mendasar, yaitu apakah sebenarnya internet itu?
    Internet merupakan kumpulan jaringan komputer atau Local Area Network menjadi jaringan komputer global atau World Area Network. Jaringan-jaringan tersebut saling berhubungan dan saling berkomunikasi satu sama lain, sehingga setiap pengguna atau user dapat mengakses layanan-layanan yang disediakan oleh setiap jaringan. Arsitektur jaringan komputer yang berbeda akan dapat saling mengenali satu sama lain dan dapat berkomunikasi menggunakan protokol. Untuk memahami protokol ini, kita perlu belajar komputer lebih cermat. Dan rasanya tidak pada tempatnya apabila kita bahas disini.
    Pengguna internet, atau internet user, dapat memanfaatkan berbagai macam fasilitas informasi dengan biaya murah. Dan hal itu dapat dilakukan tanpa harus datang sendiri ke tempat penyedia layanan secara fisik. Informasi yang dapat diakses dapat berupa data teks, gambar, animasi, video, suara, atau kombinasi dari beberapa macam data tersebut. Manfaat internet sudah kita rasakan saat ini. Sewaktu ketika, mungkin orang tidak perlu lagi membeli Koran dalam bentuk kertas untuk memperoleh berita-berita hangat dari dalam dan luar negeri.
    Memang, pada era informasi ini, belajar komputer, minimal sebagai user untuk beberapa aplikasi praktis, mutlak diperlukan.


Malang, Mei 2012.

No comments:

Post a Comment

Best Entry

Cah Ndeso

Seorang sahabat di Norwegia membeli novelku GENGGAMLAH TANGANKU. Aku bingung karena novel itu berbahasa Indonesia. Katanya, tidak masalah, d...